:

Navbar Bawah

Sunday, July 14, 2013

Pengantar Komputasi Modern (Tugas Softskill 1)

Mengenal Komputasi Modern

Komputer adalah sebuah alat yang mendukung komputasi modern, tapi taukah kalian bahwa komputer awalnya terinspirasi dari alat hitung semacam sempoa. Berasal dari kata Compute yang berarti menghitung, komputasi saat ini telah berkembang menjadi suatu kegiatan yang mampu memecahkan berbagai masalah yang ada.

Komputasi modern adalah sebuah cara menyelesaikan suatu masalah matematis dengan menyusun algoritma dan sistem yang dapat dimengerti oleh komputer dan berguna untuk menyelesaikan masalah manusia. Intinya segala penyelesaian masalah menggunakan sebuah komputer sudah termasuk komputasi modern.

Dengan adanya internet, sistem gps, satelit dan lain-lain komputasi modern dapat dijalankan secara maksimal. Selain itu komputasi modern saat kini dibagi 3 jenis yaitu :  

1. Mobile Computing (Komputasi Bergerak)
Mobile computing atau komputasi bergerak merupakan sebuah komputasi modern yang dalam pengaplikasiannya tidak memerlukan kabel dan dapat dibawa kemana pun kapan pun dan dapat berkomunikasi dengan menggunakan jaringan internet.  Contoh dari komputasi bergerak adalah penggunaan smart phone, gps dan-lain-lain

2. Grid Computing
Grid Computing menggunakan komputer dalam suatu jaringan yang sangat besar untuk menyelesaikan suatu masalah komputasi yang sangat besar. 

3. Cloud Computing (Komputasi awan)
Cloud computing atau komputasi awan merupakan sebuah penggunaan sumber daya komputer yang pelayanannya dapat diakses langsung melalui sebuah jaringan network (internet). Dengan komputasi awan, layanan dan aktifitas yang kita sering gunakan sehari-hari kita lakukan dengan internet, bukan lagi dilakukan/disimpan didalam komputer kita lagi.

0   comments

Cancel Reply
animasi  bergerak gif
Talk Less Do More Broo