:

Navbar Bawah

Sunday, July 14, 2013

Pengantar Komputasi Modern (Tugas Softskill 2)

Mengenal Komputasi Awan

Akhir-akhir ini di dunia teknologi IT sering terdengar kata Cloud Computing atau dalam bahasa Indonesia  disebut Komputasi awan. Apa itu komputasi awan? komputasi awan merupakan sebuah penggunaan sumber daya komputer yang pelayanannya dapat diakses langsung melalui sebuah jaringan network (internet).

Dengan komputasi awan, layanan dan aktifitas yang kita sering gunakan sehari-hari kita lakukan dengan internet, bukan lagi dilakukan/disimpan didalam komputer kita lagi. Salah satu contoh dari komputasi awan ialah Google, perusahaan yang awalnya sebuah search engine kini merambah kebidang cloud computing, dengan adanya google mail. doc dan drive, kita dapat membuat sebuah dokumen dan menyimpannya tanpa perlu menginstall aplikasi ke dalam komputer kita. Cukup dengan mengakses google.com dan memilih berbagai pilihan layanan aplikasi cloud computing.

Manfaat dari komputasi awan ialah memberikan penghematan biaya dalam bidang IT, dengan adanya komputasi awan biaya operasional, pemeliharaan, pembelian perangkat keras dapat dikurangi. Manfaat lainnya skalabilitas, fleksibilitas, performance, efisiensi, integritas, pengembangan yang cepat, distribusi dan manajemen perubahan yang lebih baik serta kinerja dan mobilitas yang lebih tinggi. Peningkatan otomatisasi, dukungan dan manajemen keamanan. 

Komputasi awan juga memiliki kekurangan yaitu kompitasi awan tidak akan bisa dipakai sama sekali jika tidak adanya internet atau internet sedang bermaslah. Selain itu juga tergantung dari kondisi penyedia layanan cloud computing. Kita harus lebih teliti dalam memilih jasa cloud computing. Jika server atau layanan backup penyedia layanan yang buruk, maka pastinya akan mengalami kerugian besar.  


0   comments

Cancel Reply
animasi  bergerak gif
Talk Less Do More Broo