:

Navbar Bawah

Sunday, October 28, 2012

TUGAS SOFTSKILL 2


PENGERTIAN E-BUSINESS

Pengertian e-Business atau definisi e-business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dilakukan dengan menggunakan teknologi elektronik. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.

Penggunaan sehari-hari, e-business tidak hanya menyangkut perdagangan elektronik atau e-commerce saja. Dalam hal ini, e-commerce lebih merupakan sub bagian dari e-business, sementara e-business meliputi segala macam fungsi dan kegiatan bisnis menggunakan data elektronik, termasuk pemasaran Internet. Sebagai bagian dari e-business, e-commerce lebih berfokus pada kegiatan transaksi bisnis lewat www atau Internet. Dengan menggunakan sistem manajemen pengetahuan, e-commerce mempunyai goal untuk menambah revenu dari perusahaan.

E-business berkaitan secara menyeluruh dengan proses bisnis termasuk value chain: pembelian secara elektronik (electronic purchasing), manajemen rantai suplai (supply chain management), pemrosesan order elektronik, penanganan dan pelayanan kepada pelanggan, dan kerja sama dengan mitra bisnis. E-business memberi kemungkinan untuk pertukaran data di antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, baik lewat web, Internet, intranet, extranet atau kombinasi di antaranya.





Review : tokobagus.com

Awalnya saya bikin review tentang toko online ini adalah sewaktu aku liat iklan di tv yang tentang si Agus mau mudik lebaran itu. Iklan itu menurut saya bagus, karena selain mempromosikan produk / tempat (tokobagus.com) juga mengedukasi penonton mungkin yang masih baru untuk mencoba situs toko online itu untuk berjualan.

Dari segi brand awareness atau pengetahuan masyarakat akan sebuah brand, tokobagus.com menurut saya  belum menjadi nama yang sering didengar masyarakat, paling gak masih kalah populer dari kaskus.com dengan forum jual beli nya. namun, baik tokobagus.com maupun FJB di kaskus.com sama-sama berada di jalur online. It means, hanya masyarakat melek teknologi yang dapat mengaksesnya. Dan merupakan sebuah langkah yang tepat sekali dari tokobagus.com yang membuat iklan selain memromosikan namanya juga mengajarkan masyarakat yang masih gagap dalam menjadi penjual maupun pembeli dalam toko online. Dengan demikian, tokobagus.com akan mendapat kredit sebagai toko online yang akan dikunjungi para newbie atau pengakses baru sehingga nantinya diharapkan dapat meraih pasar yang lebih luas daripada kaskus.com. Iklan yang dibuat tokobagus.com juga tepat sasaran, yakni anak muda hingga para eksekutif muda yang aktif dan dinamis, hampir sama dengan mayoritas para pengakses internet itu sendiri.

Dari segi tampilan web, tokobagus.com tergolong ramai dengan berbagai macam iklan sejak halaman awal. Sejalan dengan kaskus, kategori barang juga ada untuk mempermudah pencarian barang tertentu. Namun, jenis barang yang dijual di tokobagus.com lebih variatif dibanding kaskus.com dan hal inilah yang dapat menjadi nilai tambah.

Dari segi marketing, tokobagus.com memang menjalankan langkah yang tepat dalam menyajikan iklan dalam media tv, namun kaskus.com sudah berjalan terlalu jauh dengan berbagai macam aplikasi gratis yang bisa didownload dari berbagai macam gadget mulai dari blackberry hingga tablet PC. Ini juga yang membuat kaskus.com masih menjadi unggulan. Sebab, sebagai toko online berbasis internet, adanya aplikasi tersebut memudahkan pengguna untuk mengakses dari mana saja dengan mudah. Dan jangan lupa, menurut salah satu survey yang saya lupa sumbernya  di Indonesia ini sebagian besar, bahkan sangat besar masyarakatnya mengakses internet secara mobile. It means, kemudahan akses sangat berpengaruh disini. Selain itu, marketing melalui soscmed seperti facebook dan twitter yang sedang booming juga dijalankan oleh kaskus.com. Jadi tak hanya menggunakan iklan di tv, tapi tokobagus.com harus berpikir tentang aplikasi-aplikasi mobile dan pemasaran melalui soscmed, jika ingin bersaing secara serius dengan kaskus.com


0   comments

Cancel Reply
animasi  bergerak gif
Talk Less Do More Broo