PENGERTIAN E-BUSINESS
Pengertian e-Business atau definisi e-business adalah
kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dilakukan
dengan menggunakan teknologi elektronik. E-business memungkinkan suatu
perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan
eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. E-business juga banyak dipakai
untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi
permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.
Penggunaan sehari-hari, e-business tidak hanya menyangkut
perdagangan elektronik atau e-commerce saja. Dalam hal ini, e-commerce lebih
merupakan sub bagian dari e-business, sementara e-business meliputi segala
macam fungsi dan kegiatan bisnis menggunakan data elektronik, termasuk
pemasaran Internet. Sebagai bagian dari e-business, e-commerce lebih berfokus
pada kegiatan transaksi bisnis lewat www atau Internet. Dengan menggunakan
sistem manajemen pengetahuan, e-commerce mempunyai goal untuk menambah revenu
dari perusahaan.
E-business berkaitan secara menyeluruh dengan proses bisnis
termasuk value chain: pembelian secara elektronik (electronic purchasing),
manajemen rantai suplai (supply chain management), pemrosesan order elektronik,
penanganan dan pelayanan kepada pelanggan, dan kerja sama dengan mitra bisnis.
E-business memberi kemungkinan untuk pertukaran data di antara satu perusahaan
dengan perusahaan lain, baik lewat web, Internet, intranet, extranet atau
kombinasi di antaranya.
Review : tokobagus.com
Awalnya saya bikin review tentang toko online ini adalah
sewaktu aku liat iklan di tv yang tentang si Agus mau mudik lebaran itu. Iklan
itu menurut saya bagus, karena selain mempromosikan produk / tempat
(tokobagus.com) juga mengedukasi penonton mungkin yang masih baru untuk mencoba
situs toko online itu untuk berjualan.
Dari segi brand awareness atau pengetahuan masyarakat akan
sebuah brand, tokobagus.com menurut saya belum menjadi nama yang sering didengar
masyarakat, paling gak masih kalah populer dari kaskus.com dengan forum jual
beli nya. namun, baik tokobagus.com maupun FJB di kaskus.com sama-sama berada
di jalur online. It means, hanya masyarakat melek teknologi yang dapat
mengaksesnya. Dan merupakan sebuah langkah yang tepat sekali dari tokobagus.com
yang membuat iklan selain memromosikan namanya juga mengajarkan masyarakat yang
masih gagap dalam menjadi penjual maupun pembeli dalam toko online. Dengan
demikian, tokobagus.com akan mendapat kredit sebagai toko online yang akan
dikunjungi para newbie atau pengakses baru sehingga nantinya diharapkan dapat
meraih pasar yang lebih luas daripada kaskus.com. Iklan yang dibuat
tokobagus.com juga tepat sasaran, yakni anak muda hingga para eksekutif muda
yang aktif dan dinamis, hampir sama dengan mayoritas para pengakses internet
itu sendiri.
Dari segi tampilan web, tokobagus.com tergolong ramai dengan
berbagai macam iklan sejak halaman awal. Sejalan dengan kaskus, kategori barang
juga ada untuk mempermudah pencarian barang tertentu. Namun, jenis barang yang
dijual di tokobagus.com lebih variatif dibanding kaskus.com dan hal inilah yang
dapat menjadi nilai tambah.
Dari segi marketing, tokobagus.com memang menjalankan
langkah yang tepat dalam menyajikan iklan dalam media tv, namun kaskus.com
sudah berjalan terlalu jauh dengan berbagai macam aplikasi gratis yang bisa
didownload dari berbagai macam gadget mulai dari blackberry hingga tablet PC.
Ini juga yang membuat kaskus.com masih menjadi unggulan. Sebab, sebagai toko
online berbasis internet, adanya aplikasi tersebut memudahkan pengguna untuk
mengakses dari mana saja dengan mudah. Dan jangan lupa, menurut salah satu
survey yang saya lupa sumbernya di
Indonesia ini sebagian besar, bahkan sangat besar masyarakatnya mengakses
internet secara mobile. It means, kemudahan akses sangat berpengaruh disini.
Selain itu, marketing melalui soscmed seperti facebook dan twitter yang sedang
booming juga dijalankan oleh kaskus.com. Jadi tak hanya menggunakan iklan di
tv, tapi tokobagus.com harus berpikir tentang aplikasi-aplikasi mobile dan
pemasaran melalui soscmed, jika ingin bersaing secara serius dengan kaskus.com
0 comments