:

Navbar Bawah

Saturday, March 19, 2011

Membuat Sebuah Website Sederhana


Mungkin bagi beberapa orang membuat website adalah hal yang sangat sulit, padahal jika dipelajari oleh kita pembuatan website itu sangatlah penting hanya kita harus menentukan jenis website seperti apa yang ingin kita buat dan kita mengetahui komponen-komponen apa yag diperlukan dalam pembuatan website. Berikut adalah langkah-langkah sederhana dan komponen yang diperlukan dalam membuat website sederhana.Dalam membuat sebuah website kita dapat menggunakan 4 langkah sebagai berikut:

• Belajar Bahasa HTML
Apa itu bahasa html? bahasa html(Hypertext Mark-up Language) merupakan bahasa dasar dalam pembuatan website. Mengapa harus belajar bahasa HTML? sebenarnya memang banyak sekali aplikasi editor html yang memudahkan kita membuat website seperti Microsoft FrontPage, Adobe PageMill atau Netscape Composer, namun sangat disarankan untuk belajar bahasa HTML karena masing-masing editor tersebut mempunyai kelemahan, nah untuk mengoptimalkan website yang kita inginkan maka dari itu kita harus menguasai bahasa tersebut.

A. Struktur bahasa HTML sendiri biasa terdiri 3 bagian utama :
1. Tag HTML, Tag ini wajib ada,menyatakan kepada browser bahwa ada diantara tag ini adalah dokumen HTML.
2. Tag HEAD, Tag ini menyatakan header, di dalam tag ini kita dapat membuat tag untuk menampilkan judul pada sebuah website yang ditampilkan diatas taskbar suatu browser.
3. Tag BODY, berguna untuk menampilkan teks,link,gambar dan yang lainnya pada halaman website.

Mari kita buat script yang sangat sangat paling sederhana untuk membuat website menggunakan html,
-pertama-tama buka notepad dan tuliskan script dibawah ini



My Superb Ordinary Website



Tulisan ini akan tampak dalam
browser.



-setelah itu save as file txt tersebut dengan nama coba1.html lalu buka browser->open file->coba1.html maka hasilnya akan seperti ini


coba1.html

Setelah kita mempelajari dasar-dasra bahasa html kita dapat membuat rancangan dari desain dan isi web. Dan tentu saja, web yang kita ingin buat harus lebih canggih daripada contoh diatas agar dapat menarik perhatian dari orang lain.

• Pilih dan tentukan nama domain yang anda inginkan.
Disini anda memilih nama untuk website anda.Domain itu sendiri ada yang gratis ada juga yang harrus beli.Ada juga domain Internasional dan domain nasional.
Domain adalah nama atau alamat dari sebuah website. Di Internet, setiap orang harus mengetikkan sebuah nama domain untuk bisa membuka dan membaca isi dari sebuah website. Dimana dalam hal ini nama ini bersifat unik yaitu tidak ada yang sama satupun didunia ini.

Tips dalam memilih nama domain antara lain:
1.Pilih nama domain yang simpel dan mudah diingat
2. Pilih nama domain yang sesuai dengan mewakili isi dan tujuan dari website kita untuk mempermudah orang mengingat nama domain atau alamat website kita nantinya.
3. Bila kita menggunakan nama domain yang panjang, usahakan menggunakan nama domain yang berisi kata-kata yang umum, sehingga menghidari untuk kesalahan dalam menuliskan nama domain.
4. Anda bisa menggunakan tanda (-) bila Anda mau.
5. Usahakan pilih domain .com
6. Anda bisa mengikut sertakan keyword dalam nama domain Anda untuk membantu proses SEO (search engine optimization), agar website Anda tampil di search engine dengan posisi lebih atas. Berikut jenis domain yang ada:

1. Domain gratis
co.cc
.tk
uni.cc
coz.in
co.nr

2. Domain beli
com
co.id
biz

3. Domain Internasional
com
org
net
info
biz

4. Domain Lokal Indonesia
co.id
or.id
ac.id
sch.id
go.id





• Content / isi Website
Dilangkah ini adalah saatnya kita menuliskan dan mengisi website kita sesuai apa yang kita inginkan.Disini juga saatnya kita mendesain website sebagus bagus nya sehingga mendapatkan tampilan yang menarik


• Hosting
Kemudian setelah rancangan halaman-halaman web HTML tersebut kita bentuk ke dalam halaman-halaman web yang terpadu. kita harus mendaftarkannya ke web hosting agar website kita terpasang dan dapat diakses di Internet. Mengapa? karena walaupun kita sudah punya website sendiri, namun website yang kita punya tersebut hanya dapat kita akses sendiri dan diakses secara offline. Caranya agar website yang kita buat bisa diakses untuk semua orang diseluruh dunia secara online dengan cara hosting.

Hosting adalah tempat kita meletakkan file-file website kita di sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet. Jadi agar website kita dapat dilihat orang banyak maka file-file website perlu kita simpan di sebuah server hosting. Dan tentu saja perlu membeli paket hosting. Harga dari sebuah paket hosting bermacam-macam, tergantung fasilitas yang diberikan bahkan ada pula yang "free". Kita bisa membeli paket hosting di luar negeri maupun di Indonesia.

Dan berikutnya adalah komponen-komponen yang diperlukan dalam pembuatan website sederhana.

B. Komponen yang dibutuhkan dalam membuat website itu sendiri ada 3 macam :
1. Nama Website
Nama website ini merupakan komponen penting.Dan salah satu komponen pada bagian ini adalah domain yang kita pilih sendiri.

2. Struktur dan Layout
Disinilah kita mengatur bagaimana tampilan website kita lebih menarik dengan pengaturang background, wanra dan tambahan tambhan aplikasi yang lainnya.

3. Database programming

Setelah kita mengenal dan mengatehui bagaimana cara membuat sebuah website yang ternyata sangat sederhana apakah anda tertarik untuk mencoba membuatnya sendiri?


Sumber: http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/03/langkah-langkah-dan-komponen-untuk-membuat-website-sederhana/




0   comments

Cancel Reply
animasi  bergerak gif
Talk Less Do More Broo